Site Map: Home > artikel, Audio Video, berita terbaru, Tutorial > Tanda-Tanda Kenthongan
17 April 2012 13:29 WIB

Lagu Pembelajaran Mengenal Kembali Kenthongan
Kenthongan merupakan salah-satu media yang digunakan oleh masyarakat. Kamus Umum Bahasa Indonesia mengartikan kentongan atau kentung-kentung sebagai bunyi-bunyian yang berasal dari bambu atau kayu berongga, dibunyikan atau dipukul untuk menyatakan tanda waktu atau tanda bahaya atau mengumpulkan massa. Kentongan atau kentungan sehubungan bunyinya “thung, thung (Jawa). Agak mirip dari “Kamus Umum Bahasa Indonesia’ tersebut, dalam buku “Ensiklopedi Umum” menyebutkan kentongan juga terbuat dari kayu atau bambu dengan panjang yang berbeda-beda. Di tengah-tengah terdapat alur/rongga memanjang. Bila kentongan dipukul dengan tongkat pemukul, udara di dalamnya beresonansi, sehingga memperkuat suara.Bahan untuk membuat kentongan dari banbu atau kayu.

Bila pada suatu siang atau malam hari terdengar bunyi kentongan, orang akan memberikan perhatian padanya sambil dengan seksama menghitung tabuhan (pukulan) yang akan menyusul. Dari frekuensi pukulan dengan irama yang berbeda untuk setiap peristiwa, diketahuilah apa yang sedang terjadi dan strategi apakah yang harus disiagakan untuk menghadapinya. Pada malam hari di pedukuhan-pedukuhan terpencil para petugas ronda sering menyatakan kehadirannya melalui bunyi tetekan (kothekan, Jawa). Peronda sering membawa kentongan yang terbuat dari bambu. Pejabat Pemerintah Desa/Kalurahan di bidang keamanan (Jagabaya, Jawa) sering membunyikan kentongan tanda aman sekaligus menyatakan waktu.

Saat ini kenthongan sudah mulai ditinggalkan. Padahal apabila dilihat dari manfaat kenthongan pada bidang kebencanaan, media kenthongan masih menjadi andalan ketika media lain tidak berfungsi. Masyarakat dulu sangat hafal sekali tanda-tanda kenthongan, sekarang sudah tidak tahu tanda-tanda kenthongan. Salah satu cara masyarakat selalu mengetahui tanda-tanda kenthongan dengan cara melagukan tanda kenthongan.

Dulu lagu ini biasa dinyanyikan di sekolah tingkat dasar :

 

tidak ada komentar untuk tulisan diatas

Sorry, the comment form is closed at this time.

Jl. KH Ali Maksum No 183, Pelemsewu, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Indonesia - 55188 Telp/Fax : +62 274 411 123 E-mail: office[at]combine.or.id
Didukung oleh :
  • COMBINE Resource Institution
  • Hivos - People Unlimited